SEKILAS VIVA
Didirikan pada tahun 2004, PT Visi Media Asia Tbk. (“VIVA”) yang adalah perusahaan media terintegrasi konvergensi terdepan di Indonesia yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak November 2011 (IDX:VIVA). Sejak itu, VIVA telah menempatkan dirinya sebagai inovator di sektor ini melalui strategi yang berfokus kepada micro-targeting, sinergi serta interaksi dengan pemirsa. Selama ini nama VIVA tidak pernah mengalami perubahan.
Kegiatan usaha Perusahaan meliputi stasiun televisi Free to Air dengan stasiun terkemuka berita dan olahraga serta saluran hiburan terkemuka, juga portal digital yang berkembang cepat, dengan semuanya didukung oleh media sosial dan kegiatan off air sehingga mencakup semua platform media. Didorong oleh inovasi yang berkelanjutan sehingga terus membawa inspirasi, VIVA telah berhasil mempertahankan peringkat Tier 1 bagi stasiun TV FTA ANTV dan stasiun berita #1 tvOne, sementara portal digital viva.co.id juga telah meningkatkan jumlah pengguna setia, sehingga VIVA terus melangkah menuju masa depan konvergensi media 360O (“360O convergence”).
Perseroan bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa konsultasi manajemen serta induk perusahaan dari Entitas Anak Perseroan yang bergerak di bidang media penyiaran televisi dan media digital, sebagaimana dituangkan dalam Anggaran Dasar terakhir sesuai Akta Notaris Nomor 68 tertanggal 15 Mei 2015 yang dibuat di hadapan Humberg Lie, S.H., S.E., M.Kn., Notaris di Jakarta.
Produk dan/atau jasa yang dihasilkan:
• Penyiaran televisi FTA ANTV
• Penyiaran televisi FTA tvOne
• Portal digital viva.co.id
PROFIL VIVA
Sejak VIVA didirikan, VIVA telah menjadikan dirinya sebagai pelopor di industri media melalui inovasi berkelanjutan untuk menginspirasi masyarakat Indonesia.
tvOne, membidik target utama segmen pria dengan SES ABC 15 + ke atas. Sejak tahun 2008, tvOne telah menjadi stasiun TV berita nomor satu selama 7 tahun berturut-turut. Programprogram tvOne sebagian besar terdiri dari berita, current affairs, talkshows, dokumenter, dan olahraga. tvOne mengudara selama 24 (dua puluh empat) jam setiap harinya. Dengan rentang waktu siaran yang terus-menerus tersebut tvOne senantiasa membuat pola acara program siaran yang menyajikan informasi yang akurat dan cepat. Kejadian penting yang terjadi dirangkum dalam “Breaking News” yang menjadi referensi utama bagi pemirsa di seluruh Tanah Air.
ANTV membidik segmen perempuan dan anakanak, dengan konten-konten hiburan, gaya hidup, dan olahraga. Pada tahun 2013, ANTV mengubah strategi menjadi stasiun TV yang fokus pada konten hiburan dan gaya hidup untuk keluarga dan anak-anak. Konten gaya hidup dan hiburan yang ditayangkan ANTV telah berhasil meningkatkan pangsa pemirsa dan peringkat sehingga konsisten menjadikan ANTV stasiun TV hiburan Tier 1.
Diluncurkan pada tahun 2008, viva.co.id merupakan salah satu portal digital terkemuka di Indonesia termasuk dalam portal berita digital lima besar selama 2015, dengan sekitar 20 juta pengunjung unik setiap bulan.
Dasar Hukum Pendirian
Perseroan didirikan berdasarkan Akta Pendirian No. 2, dibuat di hadapan Firdhonal, S.H., Notaris di Jakarta yang telah disahkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No.C-25673.HT.01.01.TH.2005 tertanggal 16 September 2005 dan diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 11, Tambahan No. 1424 tertanggal 7 Februari 2006.
Kepemilikan
PT BAKRIE GLOBAL VENTURA 53,38%
PT BAKRIE CAPITAL INDONESIA 0,31%
PT TRINUGRAHA THOHIR MEDIA PARTNERS 0,79%
PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE 9,26%
CREDIT SUISSE 6,25%
PUBLIK 30,02%
Pencatatan di Bursa Saham
Tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak November 2011
Kode Saham
VIVA
Modal Dasar
Rp 4.349.857.244.000
Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh
Rp 1.803.512.716.000
Jaringan Usaha
Nasional dan Internasional
* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id